Tiga Langkah Membuat Resep Pastel Renyah

Tiga Langkah Membuat Resep Pastel Renyah

30/09/2017

Resep pastel adalah salah satu kue jajanan pasar favorit semua orang. Mungkin karena resep pastel pada dasarnya gurih, makanan ini selalu cepat habis dibandingkan jajanan pasar lainnya. Dalam budaya Indonesia, pastel dan kue jajanan pasar lainnya seringkali dijadikan hidangan dalam acara tertentu seperti arisan, syukuran, tahlilan, rapat, dll. Resep pastel adalah pastry yang berbentuk bulan sabit gembung dengan kulit tipis yang digoreng garing dan renyah serta berisi banyak bahan seperti wortel, soun, daun bawang, ayam cincang, dan telur rebus. Pastel bisa dimakan begitu saja pada saat selesai digoreng atau bisa juga dicocol dengan saus sambal. Kenikmatannya begitu terasa disaat minum teh pada sore hari.

Sebagian orang menganggap bahwa resep pastel terinspirasi dari samosa a la India. Sementara itu orang Italia dan Brazil mengatakan bahwa resep pastel berasal dari calzone goreng. Adapula yang menganggap resep pastel diadaptasi dari wonton goreng China kemudian dibawa imigran Jepang ke Brazil. Resep Pastel memang banyak dikenal di negara-negara Hispanik atau Portugis. Di Brazil, resep pastel adalah pastry tipis yang dibentuk persegi panjang seperti amplop dan digoreng dengan isian daging giling, keju mozzarella, ayam, ebi, dll. Resep pastel juga dikenal di Spanyol, Puerto Riko, dan Fillipina. Bagaimana dengan di Indonesia? Resep pastel banyak dijual di pasar tradisional dengan bentuk khas setengah lingkaran dengan pinggiran yang dipilin keriting. Bagian tengah resep pastel khas Indonesia menggembung karena berisi daging ayam, sayuran, bihun atau soun dan telur. Resep pastel bisa dimakan begitu saja atau dipadukan dengan cabai rawit hijau, saus kacang dan saus sambal. Berikut ini adalah beberapa langkah dalam membuat resep pastel yang renyah:

1. Buat Kulit Pastel Dengan Ukuran Tepat
Kulit resep pastel dibuat dari campuran tepung terigu, air, margarin, baking powder, telur, gula, dan garam. Setelah semua bahan tercampur dan adonan kulit menjadi kalis. Anda bisa menggunakan rolling pin untuk meratakan dan menipiskannya. Bisa juga menggunakan alat sederhana yang biasa digunakan untuk membuat mie untuk menipiskan adonan tersebut. Setelah itu cetak adonan dengan cetakan khusus berbentuk bulat untuk kemudian diberi isian di dalamnya. Kulit resep pastel jangan dibuat terlalu tebal ataupun tipis karena tujuan akhirnya adalah membuat bentuk gembung ditengahnya dan teksturnya harus renyah atau crunchy.     

2. Pilin Pinggiran Resep Pastel
Hal ini wajib dilakukan jika anda ingin membuat resep pastel khas Indonesia. Pilin dengan cara menyambungkan kedua ujung kulit pastel yang telah diberi isian kemudian putar kearah yang berlawanan sehingga membuat tampilan seperti rambut yang dikepang. Proses memilin ini cukup menyenangkan dan menjadi pekerjaan tangan tersendiri. 

3. Isi Pastel Dengan Bahan Lezat Dan Menarik
Resep pastel pada umumnya berisi campuran sayuran seperti wortel, bihun, soun, daun bawang, ayam giling, telur, dll. Sebenarnya banyak kreasi bahan yang bisa anda gunakan sebagai isian resep pastel. Makaroni dan keju atau mac and cheese adalah kedua bahan yang bisa menjadi aktor utama dalam resep pastel. Rebus macaroni terlebih dahulu untuk kemudian dicampurkan dengan bahan lainnya. Anda bisa menggunakan potongan Prochiz Cheddar dan Prochiz Spready sebagai isiannya. Setelah semua isian siap, anda bisa menatanya di tengah kulit pastel berbentuk bulat untuk kemudian direkatkan dan dipilin pinggirannya. Panaskan minyak kemudian goreng pastel hingga kuning kecoklatan. Cara menggoreng dengan metode deep fry juga bisa dilakukan untuk menggoreng pastel sehingga kematangannya merata. Setelah matang, pastel bisa dinikmati bersama saus sambal atau Prochiz Mayo sebagai cocolannya.

TIPS TERKAIT

Butter atau Margarin, Ketahui Perbedaannya!

Butter atau Margarin, Ketahui Perbedaannya!

Orang Indonesia seringkali menyamakan antara margarin atau mentega, seolah-olah hanya perbedaan istilah. Kenyataannya, butter atau margarin sangatlah berbeda, mulai dari bahan baku pembuatannya hingga bentuk yang terlihat.

Cara Membuat Resep Nugget Ayam Keju di Rumah

Cara Membuat Resep Nugget Ayam Keju di Rumah

Nugget ayam merupakan makanan favorit hampir setiap orang. Bahan pangangan hasil olahan daging ayam ini memiliki cita rasa gurih. Ciri khas dari nugget ayam adalah warna kuning keemasan sebelum digoreng dan berubah menjadi kuning kecokelatan.

Kreasi Kurma untuk Momen Berbuka Puasa

Kreasi Kurma untuk Momen Berbuka Puasa

Kurma merupakan buah dari tanaman palma yang diduga berasal dari sekitar Teluk Persia. Kurma telah menjadi makanan pokok di wilayah Timur Tengah dan dipercaya telah dibudidayakan sejak tahun 6000 SM. Seiring dengan perkembangan agama Islam, kurma menjadi bagian dari sunah oleh Nabi Muhammad S.A.W sehingga buah ini lekat kaitannya dengan budaya Muslim. Di Indonesia sendiri, mengonsumsi kurma saat berpuasa sangat populer. Selain dikonsumsi langsung, ada juga berbagai kreasi kurma hasil dari kreativitas masyarakat.

Resep Pisang Bolen Keju Cokelat

Resep Pisang Bolen Keju Cokelat

Pisang bolen dan pisang molen merupakan dua hal yang berbeda. Kedua makanan tersebut memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok adalah bentuknya. Pisang bolen berbentuk persegi sedangkan molen berbentuk seperti mobil molen, agak lonjong.