Tips Menu Sahur Sehat untuk Mengawali Puasa

Tips Menu Sahur Sehat untuk Mengawali Puasa

12/04/2019

Memilih menu sahur tidak boleh sembarangan. Sahur merupakan hidangan terakhir sebelum seseorang menjalani ibadah puasa yang berlangsung selama kurang lebih 15 jam dan apabila menu sahur yang disantap tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa, maka seseorang akan merasa lemas di tengah puasanya.

Oleh karena itu, perhatikan kadar gizi menu sahur yang kamu konsumsi selama bulan Ramadhan nanti agar tetap bugar sepanjang hari. Simak tips memilih menu sahur berikut ini dari keju Prochiz!

Penuhi kebutuhan protein
Sumber energi utama adalah karbohidrat dan protein. Berbeda dengan karbohidrat, protein memberikan asupan tenaga yang lebih besar, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak sehingga tubuh terasa bugar. Menu sahur harus kaya akan protein. Daging merupakan sumber protein dan lemak terbaik, namun kalau kamu memiliki riwayat penyakit kolesterol, keju Prochiz bisa menjadi pengganti asupan protein yang kamu butuhkan.

Ganti nasi dengan sumber makanan berkarbohidrat kompleks
Ada berbagai jenis karbohidrat yang disediakan oleh sumber makanan. Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup besar, namun tidak membuat seseorang merasa kenyang lebih lama karena karbohidrat yang mudah tercerna dalam tubuh. Karena saat berpuasa lapar mudah menyerang dan menggoyahkan iman, ganti nasi dengan makanan kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga sangat cocok dijadikan menu sahur.

Makanan seperti gandum, oat, dan beras merah kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi kalori lebih rendah dan kenyang lebih lama, membantu proses penurunan berat badan dan tidak rakus saat berbuka puasa.

Asupan vitamin dari buah-buahan
Vitamin merupakan kandungan nutrisi penting yang menjaga tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Di tengah menjalankan ibadah puasa, seseorang mudah terserang penyakit apabila daya tahan tubuh terus mengalami penurunan. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi banyak buah-buahan segar sebagai menu sahur.

Vitamin yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa adalah vitamin C, D, A, dan E. Buah-buahan seperti pepaya, jeruk, mangga, pisang, kaya akan vitamin-vitamin tersebut. Buah-buahan segar sebagai menu sahur juga melancarkan pencernaan.
Jaga tubuh tetap terhidrasi.

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa. Saat berpuasa, tubuh rentan mengalami dehidrasi karena sumber cairan yang terbuang dan tidak diperbaharui, berakibat pada kehilangan kebugaran hingga jatuh sakit. Cairan bisa didapatkan dengan minum air putih.

Air kelapa juga sangat direkomendasikan karena kadar elektrolit yang tinggi mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

TIPS TERKAIT

MAKANAN SEHAT SESUAI DENGAN PEDOMAN GIZI SEIMBANG

MAKANAN SEHAT SESUAI DENGAN PEDOMAN GIZI SEIMBANG

Sejak dulu, kita sudah dikenalkan pada konsep makanan “4 Sehat 5 Sempurna” yang sesungguhnya adalah program kampanye pemerintah untuk menjelaskan pentingnya nutrisi dan pola makan yang benar bagi masyarakat di Indonesia. Karena kampanye tersebut, sering kali kita berpikir secara otomatis bahwa makanan sehat itu tidak terlepas dari gabungan karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah, dan susu sebagai pelengkap gizi yang ideal.

Pie Buah, Alternatif Kue yang Lebih Sehat

Pie Buah, Alternatif Kue yang Lebih Sehat

Salah satu kudapan buah yang lezat dan bisa menjadi hidangan pencuci mulut adalah pie buah. Selain itu, buah-buahan dapat diatur sesuai dengan selera kita. Lazimnya, pie buah memiliki topping stroberi, kiwi, jeruk, dan anggur.

Aneka Resep Kue Kering Lebaran Enak dan Praktis

Aneka Resep Kue Kering Lebaran Enak dan Praktis

Momen lebaran belum lengkap tanpa hidangan seperti ketupat, opor, gulai, dan tentu saja kue kering. Biasanya kue kering dihidangkan bagi tamu yang bersilaturahmi. Menjelang hari raya, harga kue kering lebaran cenderung melonjak. Tapi tidak perlu khawatir, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Menu Sarapan Terbaik untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Menu Sarapan Terbaik untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi menu sarapan setiap hari adalah kebiasaan yang baik jika kamu ingin menurunkan berat badan. Penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang menyantap menu sarapan setiap hari cenderung memiliki postur tubuh yang lebih langsing dan mereka yang sedang menajalankan program penurunan berat badan lebih cepat dalam prosesnnya.