Tips Mengolah Daging Sapi Menjadi Steak Lezat

Tips Mengolah Daging Sapi Menjadi Steak Lezat

07/08/2019

Kamu tidak memerlukan peralatan mahal atau keahlian memasak yang hebat untuk mengolah daging sapi menjadi steak yang lezat. Namun, kamu harus mengikuti beberapa aturan guna mendapat hasil yang terbaik. Ketika memasak steak, kamu harus memerhatikan detail-detail kecil, seperti diungkapkan oleh chef Brian Dunsmoor dari Los Angeles’ Hatchet Hall.

Demi menghindari kerusakan daging, jangan panik ketika mengolah daging sapi menjadi steak pertama kali. Hal paling utama dalam memasak adalah menikmati, menjadi percaya diri, dan berani mencoba. Diperlukan latihan untuk mencapai kesempurnaan, jadi jangan patah semangat jika percobaan pertama tidak berhasil.

Supaya kamu lebih mudah dalam mengolah daging sapi menjadi steak yang lezat, PROCHIZ akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Mulai dengan daging sapi yang tepat
Kesalahan umum yang dilakukan orang-orang saat memasak steak adalah terburu-buru membeli daging. Memilih daging sapi yang baik merupakan faktor yang jauh lebih penting ketimbang teknik memasak. Direkomendasikan untuk memilih daging bagian otot seperti ribeye untuk dijadikan steak.

Perhatikan temperatur bahkan sebelum memasak
Temperatur daging sapi yang kamu siapkan akan berpengaruh pada proses memasak. Jika kamu mengolah daging sapi yang baru dikeluarkan dari kulkas dan beku, ada perlakuan khusus yang harus diperhatikan. Kamu harus sering membalikkan daging hingga agar seluruh bagian daging matang merata.

Memasak dua sisi dengan berbeda
Ketika memasak steak, pastikan ⅔ waktu dihabiskan untuk memasak sisi pertama dan sisanya untuk sisi kedua. Hal ini demi mendapatkan tekstur daging yang lembut dan mencegah steak terlalu matang.

Hindari memasak di suhu tinggi
Banyak orang berpikir atau percaya bahwa memasak steak dalam temperatur tinggi akan menciptakan hasil yang sempurna. Mengolah daging sapi untuk mendapatkan steak lezat memerlukan suhu yang tepat agar daging dapat merata. Kamu perlu memerhatikan kondisi temperatur daging dan menyesuaikan panas kompor atau panggangan.

Dinginkan daging sebelum disajikan
Ketika selesai dimasak, diamkan steak selama kurang lebih 10 menit agar serat-serat daging melembut. Memotong steak sesaat setelah matang akan mengakibatkan daging keras dan kering. Jadi, jangan terburu-buru menyantapnya, ya.

Bumbui dengan sempurna
Memperkuat cita rasa steak bisa dilakukan dengan bumbu-bumbu seperti garam, taburan lada hitam, dan bumbu lainnya yang kamu suka. Setelah dibumbui, diamkan sesaat agar daging dapat meresapi bumbu yang kamu taburkan.
 

TIPS TERKAIT

Beragam Ide Kue Natal Klasik sebagai Suguhan di Hari Natal

Beragam Ide Kue Natal Klasik sebagai Suguhan di Hari Natal

Hari raya Natal akan segera tiba. Sudahkah kamu mempersiapkan diri untuk menyambut Natal bersama keluarga? Meskipun Natal di tahun ini tidak seperti momen Natal tahun-tahun sebelumnya, suasana Natal di rumah tetap bisa jadi lebih hangat dengan berbagai macam cara.

Menu Unik untuk Bekal Anak Sekolah

Menu Unik untuk Bekal Anak Sekolah

Membuat bekal anak sekolah memang terlihat mudah jika hanya sekadar mengenyangkan dan lezat saja. Namun untuk membuat bekal anak sekolah yang mengenyangkan, lezat, juga kaya gizi pastilah banyak orang tua yang kebingungan. Jangan lupakan juga keringkasan menu yang menjadi bekal anak sekolah, mengingat memakan bekal ketika waktu istirahat pelajaran cukup terbatas.

Tips Membuat Resep Kue Cubit Sehat

Tips Membuat Resep Kue Cubit Sehat

Menikmati resep kue cubit di sore hari sambil ditemani teh hangat adalah suasana yang menyenangkan. Apalagi di musim hujan seperti ini, resep kue cubit adalah salah satu pilihan tepat untuk menghangatkan tubuh. Bentuknya yang bulat putih dan kecil dengan taburan cokelat meses diatasnya sangat dirindukan terutama oleh anak-anak.

4 Manfaat ikan Laut untuk Kesehatan

4 Manfaat ikan Laut untuk Kesehatan

Daging ikan diyakini sebagai sumber gizi untuk otak karena kandungan asam omega 3 yang terbukti berdampak positif bagi perkembangan otak manusia. Selain itu, ada berbagai manfaat ikan laut untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan gizi ikan laut berbeda dengan kandungan gizi ikan air tawar. Pasalnya, ikan laut memiliki kandungan asam omega 3 yang jauh lebih tinggi ketimbang air tawar.