Tips dalam Memanggang Daging yang Sempurna dan Lezat

Tips dalam Memanggang Daging yang Sempurna dan Lezat

27/10/2019

Ada berbagai teknik memanggang yang sampai saat ini masih menjadi perdebatan, manakah yang paling efisien dan menghasilkan rasa terbaik. Bagi pemula yang jarang memasak daging, memanggang mungkin akan menjadi pekerjaan yang sulit. Terlepas dari racikan bumbu, menghasilkan cita rasa terbaik bergantung pada teknik memanggang.

Pada artikel kali ini, PROCHIZ akan membagikan tips dalam memanggang daging. Mari kenali terlebih dahulu teknik-teknik memanggang yang sering digunakan untuk memasak daging.

Teknik Memanggang Daging

Direct heat grilling merupakan yang paling umum digunakan. Daging diletakkan langsung pada permukaan panas. Metode memanggang ini bisa menggunakan gas, arang, kayu, atau sumber panas lainnya.

Indirect heat grilling adalah metode memanggang dimana daging dimasak dengan panas yang disalurkan ke medium tertentu. Atau jika daging harus diletakkan di sumber panas, maka suhu harus tetap rendah hingga daging mencapai tingkat kematangan yang diinginkan.

Smoking merupakan metode memanggang daging dengan cara diasapi. Kamu membutuhkan arang untuk melakukan metode ini dan disarankan dilakukan di luar ruangan. Metode ini menghasilkan api bersuhu rendah dan membutuhkan waktu yang lama.

Rotisserie grilling adalah teknik memanggang yang cukup populer karena kemudahan pengaplikasiannya. Daging diletakkan pada sebuah tabung yang menghasilkan panas dan memanggang daging secara indirect.

Tips dalam Memanggang untuk Pemula

Setelah memahami teknik memanggang daging yang umum digunakan, berikut ini tips dalam memanggang daging yang bisa kamu coba.

Panaskan pemanggang sebelum digunakan
Kesalahan umum pemanggang pemula adalah tidak memanaskan terlebih dahulu alat panggang. Pemanasan dapat dilakukan selama 10 hingga 15 menit dengan posisi pemanggang ditutup. Hal ini ditujukan untuk mencegah makanan menempel pada besi panggangan dan besi cukup panas untuk mematangkan daging.

Selalu bersihkan alat panggang
Tips dalam memanggang yang satu ini wajib dilakukan. Sisa-sisa makanan yang menempel pada besi akan merusak cita rasa daging ketika digunakan kembali. Membersihkan panggangan dapat dilakukan selagi besi masih panas kemudian disikat dengan brush aluminum.

Olesi minyak pada daging bukan pemanggang
Hal ini tampak sepele, namun berpengaruh besar pada hasil akhir. Tidak perlu mengoleskan pemanggang dengan minyak karena yang kamu masak adalah daging. Semprotkan atau oleskan minyak pada daging untuk memperkuat cita rasa dan melembapkan tekstur daging.

Tutup panggangan sebisa mungkin
Membiarkan panggangan terbuka dapat mempengaruhi cita rasa. Oleh karena itu, upayakan menutup panggangan sebisa mungkin dan minimalisir membuka panggangan. Alasannya adalah menjaga suhu agar tetap panas, mempercepat proses memasak dan mencegah daging menjadi kering, serta mencegah masuknya oksigen yang membuat api membesar.

Jangan biarkan api berkobar terlalu besar
Mungkin terlihat keren melihat api berkobar seperti layaknya seorang chef profesional saat memasak. Hal ini tidak berlaku ketika memanggang. Ketika api terlalu sering berkobar, daging dapat matang tidak merata.

Hindari menggunakan cairan kimia untuk menyalakan api
Menyalakan api agak sulit di awal jika bukan menggunakan pemanggang gas. Namun bukan berarti menggunakan cairan kimia untuk korek api. Bahan kimia dapat menguap dan menempel di permukaan daging yang tentu saja berbahaya bagi kesehatan kamu.

Demikian tips dalam memanggang daging yang perlu kamu ketahui. Temukan informasi tentang memasak dan resep terkini hanya di dapurkejuprochiz.com. Sampai jumpa di artikel berikutnya!
 

TIPS TERKAIT

Sup Krim Jagung

Sup Krim Jagung

Dari sekian banyak resep hidangan berbahan baku jagung, sup krim jagung merupakan favorit banyak orang. Rasa manis yang berpadu sempurna dengan topping seperti keju, daging iris, kepiting, atau lada membuat kita sulit melupakan lezatnya hidangan ini.

4 Makanan Pencegah Dehidrasi yang Murah dan Bergizi

4 Makanan Pencegah Dehidrasi yang Murah dan Bergizi

Prochiz Lovers, di sela-sela kesibukan apakah kamu pernah merasa mulut dan kulit kering diiringi dengan rasa haus serta pusing? Jika ya, maka kamu mengalami gejala dehidrasi! Dehidrasi juga memiliki gejala lain yaitu kelelahan, volume buang air kecil yang rendah, dan warna urin yang lebih gelap serta berbau tajam. Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Menu Sarapan Terbaik untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Menu Sarapan Terbaik untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi menu sarapan setiap hari adalah kebiasaan yang baik jika kamu ingin menurunkan berat badan. Penelitian menunjukan bahwa orang-orang yang menyantap menu sarapan setiap hari cenderung memiliki postur tubuh yang lebih langsing dan mereka yang sedang menajalankan program penurunan berat badan lebih cepat dalam prosesnnya.

4 Manfaat ikan Laut untuk Kesehatan

4 Manfaat ikan Laut untuk Kesehatan

Daging ikan diyakini sebagai sumber gizi untuk otak karena kandungan asam omega 3 yang terbukti berdampak positif bagi perkembangan otak manusia. Selain itu, ada berbagai manfaat ikan laut untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan gizi ikan laut berbeda dengan kandungan gizi ikan air tawar. Pasalnya, ikan laut memiliki kandungan asam omega 3 yang jauh lebih tinggi ketimbang air tawar.