Sosis Solo, Makanan Belanda ala Jawa yang Lezat

Sosis Solo, Makanan Belanda ala Jawa yang Lezat

21/06/2019

Prochiz Lovers, pernah dengar sosis Solo? Sesuai dengan namanya, jajanan yang satu ini  memang berasal dari kota Solo di Jawa Tengah. Namun, berbeda dengan sosis biasanya, karena secara teknis, sosis Solo bukanlah benar-benar sosis. Sosis solo terbuat dari daging sapi atau ayam yang telah digiling, kemudian dibungkus dengan dadar yang dibalur dengan telur.

Asal-usul Sosis Solo
Makanan ini konon diadopsi dari sosis yang dibawa oleh Belanda pada zaman penjajahan, dan disesuaikan dengan bumbu serta gaya masakan lokal pada saat itu. Ada dua versi tentang sejarah bagaimana sosis Solo bisa lahir. Pertama, konon sang Sultan sendirilah yang mengubah dan meracik makanan ini. Yang kedua, konon sosis Solo adalah buah tangan masyarakat yang kala itu ingin mencoba makanan kesukaan para orang Belanda, sehingga mereka harus menjadi kreatif dalam menirunya.

Apapun sejarahnya, pastinya sosis Solo memiliki citarasa yang khas dan sangat lezat. Serunya lagi, ada dua jenis, yaitu sosis Solo goreng dan sosis Solo basah, yang dibuat dengan cara dikukus. Dua-duanya nikmat, mudah dibuat, dan mengandung protein, sehingga cocok untuk bekal anak-anak ke sekolah. Yuk, intip resepnya!

Resep Sosis Solo

Bahan Kulit:

  • 50 gr tepung terigu (dengan kadar protein sedang)
  • 200 ml santan, yang diambil dari 1/4 butir kelapa
  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Isian :

  • 200 gr daging giling
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 50 ml santan yang diambil dari 1/4 butir kelapa
  • 1 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
  • 1 butir telur

Bahan-Bahan Bumbu Halus :

  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok ketumbar
  • 5 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri, sangrai
  • 1/8 sendok teh jinten

Cara membuat :

  1. Untuk membuat kulit, campurkan semua bahan tepung terigu, santan, garam dan telur. Aduk sampai rata.
  2. Buat dadar yang tipis-tipis dan datar kecil yang sedikit dioles oleh minyak. Sisihkan.
  3. Selanjutnya, untuk isian sosis Solo, tumis semua bahan bumbu halus hingga harum, lalu masukkan daging giling. Aduk hingga merata dan berubah warna.
  4. Campurkan santan, gula pasir dan garam.
  5. Masak hingga meresap dan kemudian angkat.
  6. Tambahkan tumisan daging dan telur, aduk hingga rata.
  7. Ambil selembar telur dadar tadi. Beri isi, lipat dan gulung.
  8. Kukus selama kurang lebih 15 menit di atas api sedang hingga matang. Dinginkan.
  9. Langkah terakhir adalah goreng di wajan dengan minyak yang sudah dipanaskan dan diatas api yang sedang hingga berubah warna kuning kecoklatan.
  10. Sosis solo siap dihidangkan.

Bagaimana, tidak sulit, bukan? Jika Anda menyukai rasa pedas, sosis Solo juga nikmat disantap bersama cabai rawit. Untuk anak Anda, Anda dapat menyisipkan potongan keju Prochiz Cheddar berbentuk dadu di dalam isian sosis Solo supaya rasanya semakin gurih dan memberikan tambahan kalsium dalam makanannya. Yuk, dicoba!
 

TIPS TERKAIT

Martabak Manis

Martabak Manis

Martabak manis, jajanan legendaris yang hanya dijual pada malam hari. Tidak ada yang tidak menyukai perpaduan antara filling, mentega, dan adonan tepung yang lembut dan kenyal dengan cita rasa manis tak terlupakan.

Resep Klapertart, Kue khas Manado Rasa Belanda

Resep Klapertart, Kue khas Manado Rasa Belanda

Klappertaart atau yang lebih umum ditulis klapertart merupakan kue khas kota Manado, provinsi Sulawesi Utara. Kue ini sangat terkenal di kota tersebut dan lahir di sana. Namanya terdengar seperti masakan Belanda, karena awal terciptanya kue klapertart sendiri pada masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Lezatnya Keju Prochiz Spready

Lezatnya Keju Prochiz Spready

Keju meleleh tengah populer bagi pecinta kuliner karena cita rasanya yang lezat. Salah satu jenis keju leleh yang harus kamu coba adalah Keju PROCHIZ Spready

SPAGHETTI CARBONARA ORIGINAL ITALIA

SPAGHETTI CARBONARA ORIGINAL ITALIA

Spaghetti carbonara merupakan salah satu dari beragam jenis Italian food yang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Pada umumnya, orang di Indonesia mengenal spaghetti carbonara sebagai menu berbahan dasar pasta yang disirami saus super creamy dengan potongan daging asap. Namun sebenarnya, apakah resep spaghetti carbonara yang kita dikenal di sini sesuai dengan resep asli spaghetti carbonara di negeri asalnya?