Resep dan Cara Mudah Membuat Sagu Keju

Resep dan Cara Mudah Membuat Sagu Keju

16/06/2021

PROCHIZ Lovers, kamu pasti sudah tidak asing dengan salah satu camilan tradisional yang bernama kue sagu. Kue kering jadul ini identik dengan hari raya, mulai dari Lebaran hingga Natal, kue sagu selalu hadir menghiasi meja tamu di rumah. Kue sagu memiliki tekstur kering yang renyah dengan cita rasa gurih dan manis yang berpadu sempurna. Terlebih lagi kalau kamu memadukan tepung sagu, santan, dan keju PROCHIZ menjadi satu adonan.

Kalau kamu kangen mencicipi kue sagu dan nggak mau menunggu hari raya Idul Fitri tahun depan, kamu bisa membuat sagu sendiri di rumah, lho. Membuatnya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Berikut ini adalah Resep dan Cara Mudah Membuat Sagu Keju a la PROCHIZ yang bisa kamu coba!

Cara Mudah Membuat Sagu Keju di Rumah

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sagu keju:

  • 4 lembar daun pandan
  • 900 gram tepung sagu
  • 250 milliliter santan kental
  • 500 gram margarin
  • 500 gram mentega
  • 750 gram gula tepung
  • 4 butir telur diambil kuningnya saja
  • 500 gram Keju PROCHIZ Cheddar diparut halus

Cara membuat Sagu Keju a la PROCHIZ

  1. Siapkan sebuah wadah untuk menyangrai tepung sagu dan daun pandan dengan api kecil hingga daun pandan mengering. Setelah selesai, angkat dan dinginkan adonan tersebut.
  2. Kocok margarin dan mentega di wadah lain hingga berwarna putih dan lembut, kemudian masukkan gula. Aduk-aduk kembali hingga merata dengan adonan.
  3. Pada wadah yang berisi adonan margarin dan mentega, tambahkan kuning telur dan aduk-aduk hingga merata.
  4. Campurkan tepung sagu dan keju PROCHIZ Cheddar ke dalam adonan margarin dan mentega, tuang bertahap ke dalam adonan mentega. Aduk rata.
  5. Tambahkan santan, aduk lagi hingga rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam plastik dengan spuit berbentuk bintang di ujungnya.
  7. Semprotkan adonan ke dalam loyang kue kering yang sudah dioles dengan mentega atau margarin, kemudian taburi tepung sagu.
  8. Panggang adonan tersebut dalam oven dengan suhu 160 derajat Celcius selama 40 menit hingga matang.

Tips Membuat Sagu

Jika kamu ingin menyimpan sagu untuk waktu yang lama, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Simak tips membuat sagu menjadi awet berikut ini:
-    Gunakan stoples kaca yang kedap udara
-    Simpan kue sagu keju dalam keadaan dingin
-    Simpan pada suhu ruangan
-    Susun rapi agar kue tidak hancur

Demikian cara membuat kue sagu keju yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Temukan tips memasak dan aneka resep lezat lainnya hanya di Dapurkejuprochiz.com!
 

TIPS TERKAIT

Resep Kue Kanji Keju Lembut dan Lumer di Mulut

Resep Kue Kanji Keju Lembut dan Lumer di Mulut

Kue ini dinamakan demikian sesuai dengan bahan utama untuk membuatnya yakni tepung kanji. Kamu bisa mendapatkan kue kanji di toko kue dan supermarket.

Apa Saja Yang Sebaiknya Disajikan Untuk Bekal Anak Sekolah?

Apa Saja Yang Sebaiknya Disajikan Untuk Bekal Anak Sekolah?

Bekal anak sekolah tidak melulu makanan berat, cemilan ringan yang bergizi juga bisa dijadikan salah satu menu bekal anak sekolah. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi membantu anak-anak berkonsentrasi ketika belajar dan lebih fokus.

Tips Memasak Kue Tanpa Oven

Tips Memasak Kue Tanpa Oven

Ketika mendengar kata memasak kue, kebanyakan orang akan membayangkan hal yang diper-lukan adalah oven untuk memanggang kue. Akan tetapi, ada banyak sekali alternatif untuk menyajikan kue tanpa oven sekalipun. Tanpa perlu membeli peralatan baru, kamu bisa menyajikan kue tanpa oven dengan memanfaat-kan peralatan - peralatan dasar yang sudah kamu miliki seperti kompor, panci, microwave, dan se-bagainya.

Cara Merawat Loyang Aluminium agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Loyang Aluminium agar Tidak Cepat Rusak

Bagi Prochiz Lovers yang hobi baking, loyang dan oven merupakan dua peralatan wajib dimiliki. Loyang menjadi alas adonan ketika dipanggang sebelum menjadi hidangan yang lezat. Akan tetapi, menjadi masalah apabila loyang gampang rusak akibat karat, terkikis, dan berkerak karena permukaan loyang dipenuhi adonan yang menempel.