Mengenal Tradisi Chinese New Year dan Asal Usulnya

Mengenal Tradisi Chinese New Year dan Asal Usulnya

16/01/2019

Sebentar lagi Chinese New Year atau Tahun Baru Imlek akan segera tiba. Hari besar masyarakat Tionghoa akan dirayakan pada tanggal 5 Februari 2019 pada tahun ini. Prochiz Lovers yang berasal dari keturunan Tionghoa, sudahkah kamu bersiap-siap menyambut hari spesial ini?

Selain membahas tentang makanan yang biasa dihidangkan saat perayaan Chinese New Year, mari kita mengenal terlebih dahulu asal usul tradisi Chinese New Year yang setiap tahunnya menjadi libur nasional bersama.

Imlek berasal dari pelafalan Hokkien yang mengandung arti Kalender Tionghoa. Masyarakat keturunan Tionghoa, khususnya yang menetap di Tiongkok, menjadikan Imlek sebagai salah satu alat perhitungan tanggal selain kalender masehi yang menjadi rujukan sistem penanggalan internasional.

Imlek memadukan sistem penanggalan kalender bulan dan kalender matahari, yang dikenal dengan istilah sistem penanggalan lunisolar. Metode perhitungannya berbeda dengan kalender masehi, dimana perhitungan bulan mengacu pada rotasi bulan. Dalam satu tahun terdapat 12 bulan, akan tetapi setiap tiga atau dua tahun sekali terdapat tahun yang memiliki ‘bulan ganda.’

Dari segi tradisi, Masih belum diketahui secara pasti permulaan perayaan Tahun Baru Imlek, ada berbagai kisah yang menceritakan asal usul perayaannya. Sebuah cerita rakyat mengisahkan bahwa selebrasi tahun baru merupakan rangkaian dari upacara keagamaan di masa Dinasti Shang, pada tahun 1766 hingga 1122 sebelum masehi. Pada permulaannya, selebrasi tahun baru jatuh pada pertengahan musim dingin hingga awal musim panas.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, sistem penanggalan matahari semakin maju, dan Kaisar Wu dari Dinasti Han menentukan hari pertama dari bulan pertama sebagai awal tahun, yang masih dijadikan rujukan hingga saat ini. 

Salah satu tradisi penting dalam perayaan Tahun Baru Imlek adalah makan malam pada malam tahun baru. Tradisi ini mengumpulkan seluruh anggota keluarga yang bahkan tinggal jauh dari rumah, seperti acara reuni keluarga. Makanan yang dihidangkan biasanya ikan dan siomay.

Dua makanan ini melambangkan kemakmuran. Ada pula berbagai makanan lain yang dihidangkan, sesuai dengan selera pribadi dan keinginan masing - masing keluarga yang merayakan. Di era modern, tidak sedikit yang menambahkan hidangan kebaratan seperti kue keju. Makan malam di malam tahun baru cenderung diselenggarakan di rumah ketimbang di restoran bagi mayoritas masyarakat keturunan etnis Tionghoa.

Yang tidak kalah penting dalam perayaan Tahun Baru Imlek adalah kembang api. Dari cerita kuno, kembang api konon digunakan untuk mengusir segala roh - roh jahat, dan bagi siapa yang menyalakan kembang api pertama kali di awal tahun, akan memperoleh keberuntungan sepanjang tahun.

Demikian asal usul tradisi Chinese New Year yang dirayakan oleh masyarakat etnis Tionghoa.

TIPS TERKAIT

Resep Kue Kanji Keju Lembut dan Lumer di Mulut

Resep Kue Kanji Keju Lembut dan Lumer di Mulut

Kue ini dinamakan demikian sesuai dengan bahan utama untuk membuatnya yakni tepung kanji. Kamu bisa mendapatkan kue kanji di toko kue dan supermarket.

Menu Makan Siang Sehat dan Rendah Kalori

Menu Makan Siang Sehat dan Rendah Kalori

Siapa yang masih sering asal memilih menu makan siang dengan syarat porsi yang lebih besar dengan harga lebih murah? Kebanyakan orang berpikir bahwa mengisi perut di siang hari haruslah banyak karena tubuh membutuhkan energi guna beraktivitas. Padahal, tidak perlu makan banyak untuk menyuplai energi bagi tubuh dan otak. Mengonsumsi terlalu banyak kalori sebagai contoh nasi yang menjadi sumber karbohidrat, malah menyebabkan kantuk. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi kurang dari 400 kalori untuk setiap hidangan menu makan siang.

Resep Rendang Daging Sapi Empuk Khas Minang

Resep Rendang Daging Sapi Empuk Khas Minang

Prochiz Lovers, apa menu masakan khas Minang yang menjadi favorit Anda? Sudah bisa dipastikan sebagian besar orang akan menjawab rendang daging yang melegenda. Tidak sulit menemukan makanan berbahan baku daging sapi yang satu ini. Rendang daging tidak perlu diragukan kelezatannya. Makanan khas ta

Menu Olahan Daging Sapi Untuk Bekal Anak

Menu Olahan Daging Sapi Untuk Bekal Anak

Seperti halnya daging ayam, menu olahan daging sapi adalah favorit semua orang. Mungkin ada di antara anda yang selalu makan ayam setiap harinya? Ada juga yang selalu mengkonsumsi menu olahan daging sapi hampir setiap hari. Tidak ada salahnya jika kita mengkonsumsi menu olahan daging sapi seperti omelete daging, sup daging, sosis daging, hamburger, steak, dan lainnya. Kandungan protein dan lemaknya memang dibutuhkan untuk menambah energi. Meskipun anda juga harus menyeimbangkannya dengan konsumsi serat tinggi yang bisa didapatkan dari sayuran dan karbohidrat kompleks. Bagi anda pecinta daging yang kebetulan putera puterinya pun menyukai menu olahan daging tentu tidak sulit untuk memintanya mengkonsumsi daging setiap hari. Jika demikian maka yang diperlukan adalah kreatifitas anda untuk mengkreasikan menu bekal anak setiap harinya agar tak bosan.