Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang bombay

Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang bombay

05/11/2018

Bawang bombay adalan jenis bawang yang paling mudah ditemukan dan dibudidayakan secara luas. Jenis bawang ini banyak dimanfaat sebagai bumbu dapur dan bahan masakan. Ciri khas bawang bombay adalah berbentuk bulat dan besar serta dagingnya yang tebal.

Bawang yang berasal dari kota Bombai yang sekarang bernama Mumbai dibawa oleh para pedagang dari India ke Indonesia. Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada bawang bombay.
Air: 87.5 gram
Energi: 43 kal
Protein: 1,4 gram
Karbohidrat: 10,3 gram
Serat: 2 gram
Lemak: 0,2 gram
Natrium: 12 mg
Kalium: 9,6 mg
Vitamin C: 9 mg
Kalsium: 32 mg
Besi: 0,5 mg
Zink: 0,3 mg
Vitamin B2: 0,21 mcg (mikrogram)
Karoten total: 50 mcg

Manfaat Bawang Bombay

1. Mencegah penyakit jantung
Kandungan dari bawang bombay yang mampu memelihara kesehatan jantung adalah Quercetin. Dengan adanya zat flavanoid ini, jantung dapat tercegah dari berbagai penyakit terkhususnya serangan jantung. Kalium juga membantu menstabilkan tekanan darah.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Manfaat bawang bombay juga sebagai penguat sistem imunitas tubuh. Polifenol dalam bawang bombay bertindak sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas. Berkurangnya tumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.

3. Menjaga kadar gula darah
Kromium yang terdapat dalam bawang bombay memiliki peran membantu mengatur kadar gula darah. Sulfur dalam bawang bombay membantu menurunkan gula darah dan memicu peningkatan produksi insulin.

4. Memelihara saluran pencernaan
Kadar  serat dalam bawang bombay membuat kerja sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Bawang bombay mengandung jenis serat khusus, yakni serat larut yang disebut dengan oligofructose.

5. Mencegah kanker dengan adanya antioksidan
Bawang bombay juga merupakan sumber antioksidan dari vitamin C yang sangat kuat. Kondisi ini membuat bawang bombay memiliki kekuatan yang besar untuk menangkal radikal bebas yang memicu kanker. Selain itu, bawang bombay juga dikenal dengan kandungan quercetinnya. Quercetin merupakan agen anti kanker yang kuat.

TIPS TERKAIT

Tips Menghidangkan Dinner Sehat Sendiri di Rumah

Tips Menghidangkan Dinner Sehat Sendiri di Rumah

Menghidangkan dinner bukan perkara mudah, mengapa demikian? Kebanyakan orang malas untuk berbelanja bahan-bahan memasak dan tidak memiliki cukup waktu untuk memasak serta lebih memilih beristirahat. Terus, bagaimana cara memulai kebiasaan menghidangkan dinner sehat sendiri di rumah ketimbang membeli makanan di luar?

Resep Brownies Panggang “Chewy Fudgy”

Resep Brownies Panggang “Chewy Fudgy”

Brownies panggang adalah salah satu kue yang difavoritkan oleh banyak orang. Tidak melulu memanfaatkan rasa coklat original, brownies panggang memiliki berbagai variasi rasa seperti tambahan selai kacang dan greentea, dan faktanya, setiap orang memiliki resep brownies favorit mereka masing - masing.

Begini Cara Menyantap Makan Siang yang Benar

Begini Cara Menyantap Makan Siang yang Benar

Mungkin kamu sudah sangat sering mendengar tips dan trik menu makan siang yang bergizi dan sehat. Akan tetapi, sudahkah kamu menerapkan cara makan siang yang benar, terlepas dari nutrisi hidangan yang akan kamu santap?

Resep Ayam Goreng Mentega Super Lezat dari Prochiz

Resep Ayam Goreng Mentega Super Lezat dari Prochiz

Perpaduan rasa mentega, kecap, dan daging ayam empuk tidak pernah terlupakan. Ayam goreng mentega versi keju Prochiz sedikit berbeda lho, Prochiz Lovers. Kali ini, kita akan menambahkan keju ke dalam resep membuat ayam goreng mentega. Penasaran bagaimana resep ayam goreng mentega super lezat dari Prochiz? Simak resep dan cara membuatnya berikut ini.