Jenis Keju Cheddar yang Perlu Diketahui

Jenis Keju Cheddar yang Perlu Diketahui

24/05/2021

Keju Cheddar merupakan varian keju yang paling populer dan umum digunakan untuk kebutuhan pangan sehari-hari setelah keju mozzarella. Salah satu karakteristik umum dari jenis keju cheddar adalah berwarna putih pucat atau oranye tergantung dari jenisnya. Setiap jenis keju cheddar memiliki cita rasa yang berbeda.

Salah satu faktor utama yang membedakan setiap jenis keju cheddar adalah umur dari keju tersebut. Sekilas sejarah, keju cheddar berasal dari pedesaan bernama Cheddar, di kerajaan Inggris pada abad ke 12. Cerita yang banyak disampaikan tentang terciptanya jenis keju cheddar adalah seorang pemerah sapi mendinginkan susu di sebuah goa namun lupa mengambilnya. Beberapa hari kemudian ia kembali dan susu tersebut mengeras, kemudian ia memutuskan untuk mencicipinya.

Berikut adalah jenis keju cheddar yang perlu kamu ketahui.

1. Blue Cheddar

Blue cheddar adalah kombinasi dari keju cheddar dan jenis blue cheese yang terkenal karena corak biru pada keju tersebut. Proses pembuatannya melibatkan keju cheddar yang dicampurkan dengan mikroba untuk membuat blue cheese. Cita rasanya seperti keju cheddar lembut dengan karakteristik blue cheese.

2. Farmhouse Cheddar

Jenis keju cheddar farmhouse berasal dari Inggris tepatnya di Somerset, Dorset, Devon, dan Cornwall. Keju cheddar Farmhouse terbuat dari susu dari peternakan lokal di sana yang diolah dan dijadikan keju. Jenis keju cheddar ini berusia paling mudah 9 bulan sebelum dipasarkan.

3. Bandage-Wrapped Cheddar

Ketika proses penuaan keju berjalan, jenis keju cheddar bandage-wrapped dibungkus dengan kain tertentu. Kain ini berfungsi untuk melindungi bagian terluar dari keju namun mengizinkan udara untuk masuk. Karakteristik jenis keju cheddar ini adalah bertekstur tebal dan keras.

4. Mild Cheddar

Jenis keju cheddar dengan tekstur lembut dan rasa yang ringan, mild cheddar sangat digemari banyak orang. Usia keju mild cheddar adalah 2 hingga 3 bulan sebelum dipasarkan.

5. Cheddar Organik

Varian keju cheddar yang satu ini berusia sekitar 6 bulan hingga 1 tahun sebelum dipasarkan. Jenis keju cheddar ini dinamakan organik karena terbuat dari 100 persen susu sapi organik. Beberapa ahli keju mengungkapkan bahwa cita rasa keju cheddar organik lebih creamy, kaya, dan tajam jika dibandingkan dengan jenis keju cheddar lainnya.

6. Jenis Keju Cheddar Oranye

Selain keju cheddar yang berwarna putih pucat pada umumnya, terdapat jenis keju cheddar dengan warna oranye yang berasal dari bahan pembuatannya yaitu annatto. Annatto adalah ekstrak sayuran dari biji achiote. Cita rasa keju cheddar oranye cenderung lebih halus jika dibanding dengan keju cheddar lainnya.
 

TIPS TERKAIT

Resep Kue Lidah Kucing dan Cara Membuatnya

Resep Kue Lidah Kucing dan Cara Membuatnya

Kue lidah kucing berbentuk seperti lidah kucing, panjang dan pipih dengan cita rasa manis dan renyah. Di Belanda, kue lidah kucing dikenal dengan nama Katte tong. Selain di Indonesia, negara Asia Tenggara lainnya yang menggemari kue lidah kucing adalah Filipina yang dikenal denga nama lengua de gato.

Bagaimana Membuat Resep Puding yang Unik Dan Lucu?

Bagaimana Membuat Resep Puding yang Unik Dan Lucu?

Resep puding berasal dari bahasa prancis boudin yang berarti “sosis darah” dan dari bahasa latin botellus yang berarti “sosis kecil”. Istilah pudding digunakan di eropa pada abad pertengahan untuk hidangan dari daging yang dibungkus. Tidak semua resep puding mempunyai rasa manis.

Mengenal Dim Sum, Cemilan Bersejarah dari Asia Timur

Mengenal Dim Sum, Cemilan Bersejarah dari Asia Timur

Dim Sum adalah makanan yang dihidangkan dalam porsi gigitan kecil. Bentuk penyajiannya dalam sebuah keranjang kukus atau piring kecil. Dim Sum acap kali dinikmati bersama teh untuk makan siang atau sarapan. Pada kedai teh khas Cantonese, kereta dorong berisi dim sum akan berkeliling melayani pelanggan sehingga mereka tidak perlu meninggalkan meja untuk memesan dim sum. Tradisi Cantonese selalu menyajikan dim sum dan teh bersamaan

Gula Aren atau Brown Sugar, Inilah Perbedaannya!

Gula Aren atau Brown Sugar, Inilah Perbedaannya!

Tahukah kamu bahwa gula aren berbeda dengan brown sugar? Meskipun tampak serupa, kedua bahan masakan ini memiliki perbedaan mulai dari segi fungsi hingga cita rasa. Keduanya merupakan pemanis pengganti gula pasir untuk membuat kue, minuman, saus, dan masakan lainya.