Apakah Frozen Food Aman dan Sehat Dikonsumsi Oleh Anak?

Apakah Frozen Food Aman dan Sehat Dikonsumsi Oleh Anak?

26/03/2020

Frozen food menjadi pilihan orang tua untuk memberikan makanan kepada sang buah hati. Selain cara penyajiannya yang terbilang praktif, frozen food juga memiliki beraneka ragam macam makanan, mulai dari sosis, nugget, sayur-mayur dll. Selain cara penyajiannya yang cepat, frozen food juga dapat disimpan dalam waktu yang lama di dalam kulkas, sehingga nantinya kita tidak perlu repot-repot mencari makanan lagi. Namun yang seringkali menjadi pertanyaan adalah, apakah frozen food aman dan sehat saat dikonsumsi oleh anak-anak?

Beberapa pakar kesehatan tidak  menyarankan untuk memberikan frozen food terlalu sering kepada anak. Salah satu pakar kesehatan gizi bernama Dr. Diana Suganda, Mkes, SPGK, menyebutkan bahwa frozen food sangatlah tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi, apalagi secara sering oleh anak-anak. Pasalnya apabila kita melihat kandungannya di dalam label pembungkusnya, makanan ini memiliki kadar garam yang tinggi dan menggunakan kadar pengawet. Padahal, jika melihat dari segi kesehatan, mengkonsumsi kedua kandungan tersebut harus dibatasi karena berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Selain itu menurut penelitian pada Journal of Nutrition Education and Behavior, dijelaskan bahwa anak yang lebih banyak mengkonsumsi frozen food memiliki energi keseluruhan yang lebih tinggi dan tidak bagi bagi tubuh, seperti gula, natrium, dan asupan lemak jenuh. Oleh karena itu, frozen food yang sudah anda siapkan di dalam rumah dapat membuat asupan makanan anak akan menjadi lebih buruk.
Melihat efek yang berbahaya dari frozen food terhadap anak, ada baiknya sebagai orang tua harus segera berpaling dari frozen food dan mencari makanan yang lebih sehat dan segar untuk disajikan kepada anak.

Nah, daripada bingung mencarinya, dalam artikel ini akan diberikan rekomendasi makanan yang sehat bagi anak:

1. Telur
Seperti yang kita ketahui bahwa telur mengandung banyak sekali zat gizi sehingga dapat membantu pertumbuhan anak. Selain itu, telur juga dapat disajikan dengan cepat dan cocok digunakan sebagai sarapan anak. Ketimbang frozen food, telur adalah salah satu rekomendasi yang tepat untuk makanan anak agar selalu sehat.

2. Tempe dan Tahu
Kedua makanan tersebut kaya akan protein. Bahkan tempe memiliki protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging. Tempe juga dapat disajikan dengan cepat. Anda hanya perlu menggorengnya dalam waktu beberapa menit, atau mungkin akan disajikan dalam bentuk lain seperti orak-arik tempe dll.

3. Ayam Goreng
Daripada frozen food, ayam goreng lebih sehat dikonsumsi oleh anak. Ayam goreng tentu adalah salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang, terutama anak.
Kendati demikian, apabila anda tetap ingin menyajikan frozen food, maka sebaiknya cari yang memiliki kadar garam yang tidak terlalu tinggi.
 

TIPS TERKAIT

6 Menu Sarapan Pagi Bergizi dan Cepat Saji

6 Menu Sarapan Pagi Bergizi dan Cepat Saji

PROCHIZlovers, adakah dari kamu yang selalu melewatkan menu sarapan pagi? Jika jawaban kamu iya, maka kamu harus segera mengubah kebiasaan melewatkan menu sarapan pagi! Menyantap menu sarapan pagi tidak hanya memberikan energi untuk menjalani hari, juga dikaitkan dengan berbagai manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga.

Resep Brownies Lumer A la Keju PROCHIZ

Resep Brownies Lumer A la Keju PROCHIZ

Saat ini, ada jenis brownies baru dimana tekstur padat berubah menjadi kental lembut yang dikenal juga dengan nama brownies lumer. Variasi brownies bertekstur lembut ini dibuat dengan cara dikukus. Kue ini mudah hancur dengan lelehan cokelat yang lumer di dalam mulut.

Pentingnya Sarapan Pagi bagi Kesehatan Tubuh

Pentingnya Sarapan Pagi bagi Kesehatan Tubuh

Sarapan pagi dapat mendorong metabolisme tubuh, membantu membakar kalori sepanjang hari. Banyak penelitian mengaitkan pentingnya sarapan pagi dengan kesehatan tubuh, antara lain semakin baiknya ingatan dan konsentrasi, kolesterol LDL yang lebih rendah, dan penurunan risiko diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

Beragam Ide Makan Siang untuk Bekal New Normal

Beragam Ide Makan Siang untuk Bekal New Normal

Salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam rangka menjaga diri dari ancaman virus corona adalah dengan membawa bekal makan siang sendiri dan menghindari makan di tempat umum. Ada beberapa ide makan siang untuk bekal new normal dari Keju PROCHIZ yang bisa kamu coba.