Apa itu Keju Edam? Sekilas Sejarah tentang Keju Paling Populer di Dunia

Apa itu Keju Edam? Sekilas Sejarah tentang Keju Paling Populer di Dunia

27/08/2019

Keju edam adalah jenis keju dengan tekstur semi keras yang berasal dari Belanda, dinamakan sesuai dengan tempat asalnya di kota Edam, provinsi Belanda Utara. Keju ini telah ada sejak abad pertengahan, tepatnya sekitar abad ke-14 hingga abad ke-18 dan merupakan keju yang paling populer di dunia saat ini. Warna emas dan cita rasa creamy ikut mengukir sejarah kuliner. Keju edam digunakan pada berbagai resep masakan di seluruh dunia.

Kota Edam dikenal sebagai kota yang subur dan salah satu kota dengan industri susu terbesar di masanya. Pada era penjelajahan dunia, banyak pedagang Belanda membawa stok keju edam dalam jumlah besar. Hal ini dikarenakan lambatnya proses kematangan keju edam dibanding jenis keju lain pada umumnya, dan cita rasa yang tidak berubah meskipun berada di laut dalam waktu relatif lama.

Karena kegunaan dan daya tahannya, keju edam digunakan sebagai bahan memasak masyarakat di belahan dunia. Sebagai contoh, orang-orang Yucatan di Meksiko membelah keju edam dan memasukkan daging dan berbagai bumbu lainnya, menjadikannya sebagai hidangan pedas yang dikenal dengan nama queso relleno. Keju edam juga sangat populer di Republik Ceko dan Slovakia, dimana keju dibalut dengan remah roti yang kemudian digoreng.

Keju edam yang masih berusia belia memiliki cita rasa sedikit asin dan tidak berbau ketimbang jenis keju lainnya. Seiring bertambahnya usia, cita rasa semakin kuat dan aroma yang dihasilkan lebih tajam. Selain itu, keju edam hanya mengandung sekitar 28 persen lemak, bahkan keju edam produksi modern memiliki tekstur yang lebih lembut dibanding keju lainnya karena rendahnya kandungan lemak.

Banyak peternak di kota Edam yang memproduksi keju legendaris ini dan menjualnya di pasar tradisional saat musim panas. Meskipun saat ini keju Gouda jauh lebih populer di negeri kincir angin, keju edam masih lebih disukai oleh masyarakat dunia.

Di Indonesia, keju edam dapat ditemukan pada camilan kastengel, kue keju bercita rasa gurih yang identik dengan hari raya. Terus, apa resep yang menggunakan keju edam favoritmu, PROCHIZ Lovers?

TIPS TERKAIT

Resep Fluffy Cheese Pancake, Citarasa Gurih dan Kaya Protein

Resep Fluffy Cheese Pancake, Citarasa Gurih dan Kaya Protein

Sekilas tentang pancake, ada berbagai variasi hidangan pancake yang berasal dari berbagai negara di belahan dunia. Jepang memiliki resep pancake-nya sendiri yang dinamakan Dorayaki (pasti sudah tidak asing di telinga, hidangan ini cukup populer di Indonesia), di Belanda, pancake disebut dengan istilah panekuk. Masyarakat Indonesia cenderung membayangkan hidangan ini sebagaimana pancake khas Amerika Serikat dan Kanada.

Fenomena Cheese Tea, Minuman yang Instagramable dari Taiwan

Fenomena Cheese Tea, Minuman yang Instagramable dari Taiwan

Kamu tidak salah mendengar, ada sebuah menu minuman bernama cheese tea. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, cheese tea adalah ‘teh keju.’ Popularitas menu minuman ini diperoleh dari media sosial seperti facebook dan instagram. Ada berbagai akun yang rajin membagikan tentang makanan mengekspos menu ini.

Menu Makan Malam Rendah Gula

Menu Makan Malam Rendah Gula

Makan malam merupakan salah satu hal penting yang sebaiknya tidak dilewatkan. Meskipun Anda sedang menjalani program diet untuk menjaga kestabilan berat badan, makan malam tetap diperlukan karena kebutuhan tubuh akan nutrisi harus tetap terpenuhi. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menu makan malam yang Anda konsumsi tidak menjadi bumerang yang malah mengancam kesehatan Anda.

2 Kreasi Roti Tawar Anti-Mainstream yang bisa Dicoba di Rumah!

2 Kreasi Roti Tawar Anti-Mainstream yang bisa Dicoba di Rumah!

Kamu pasti sudah merasa bosan mengonsumsi roti tawar hanya dengan selai dan taburan gula atau meses. Pernahkah kamu mencoba melakukan eksplorasi dan menciptakan kreasi roti tawar yang berbeda dari biasanya?