Apa itu Keju Edam? Sekilas Sejarah tentang Keju Paling Populer di Dunia

Apa itu Keju Edam? Sekilas Sejarah tentang Keju Paling Populer di Dunia

27/08/2019

Keju edam adalah jenis keju dengan tekstur semi keras yang berasal dari Belanda, dinamakan sesuai dengan tempat asalnya di kota Edam, provinsi Belanda Utara. Keju ini telah ada sejak abad pertengahan, tepatnya sekitar abad ke-14 hingga abad ke-18 dan merupakan keju yang paling populer di dunia saat ini. Warna emas dan cita rasa creamy ikut mengukir sejarah kuliner. Keju edam digunakan pada berbagai resep masakan di seluruh dunia.

Kota Edam dikenal sebagai kota yang subur dan salah satu kota dengan industri susu terbesar di masanya. Pada era penjelajahan dunia, banyak pedagang Belanda membawa stok keju edam dalam jumlah besar. Hal ini dikarenakan lambatnya proses kematangan keju edam dibanding jenis keju lain pada umumnya, dan cita rasa yang tidak berubah meskipun berada di laut dalam waktu relatif lama.

Karena kegunaan dan daya tahannya, keju edam digunakan sebagai bahan memasak masyarakat di belahan dunia. Sebagai contoh, orang-orang Yucatan di Meksiko membelah keju edam dan memasukkan daging dan berbagai bumbu lainnya, menjadikannya sebagai hidangan pedas yang dikenal dengan nama queso relleno. Keju edam juga sangat populer di Republik Ceko dan Slovakia, dimana keju dibalut dengan remah roti yang kemudian digoreng.

Keju edam yang masih berusia belia memiliki cita rasa sedikit asin dan tidak berbau ketimbang jenis keju lainnya. Seiring bertambahnya usia, cita rasa semakin kuat dan aroma yang dihasilkan lebih tajam. Selain itu, keju edam hanya mengandung sekitar 28 persen lemak, bahkan keju edam produksi modern memiliki tekstur yang lebih lembut dibanding keju lainnya karena rendahnya kandungan lemak.

Banyak peternak di kota Edam yang memproduksi keju legendaris ini dan menjualnya di pasar tradisional saat musim panas. Meskipun saat ini keju Gouda jauh lebih populer di negeri kincir angin, keju edam masih lebih disukai oleh masyarakat dunia.

Di Indonesia, keju edam dapat ditemukan pada camilan kastengel, kue keju bercita rasa gurih yang identik dengan hari raya. Terus, apa resep yang menggunakan keju edam favoritmu, PROCHIZ Lovers?

TIPS TERKAIT

Inilah Tingkat Kematangan Daging Steak yang Perlu Diketahui!

Inilah Tingkat Kematangan Daging Steak yang Perlu Diketahui!

Tingkat kematangan daging akan menciptakan tekstur dan rasa yang unik. Cara mengolahnya pun berbeda. Berikut penjelasannya.

Tips Resep Baso Keju Kekinian Super Lezat

Tips Resep Baso Keju Kekinian Super Lezat

Popularitas baso isian keju dan resep baso keju kian meningkat pesat. Selain makanan utama dan penutup, ternyata bahan dasar keju juga digunakan ke dalam makanan rakyat seperti baso, soto, nasi goreng, dan makanan tradisional. Bisa dikatakan saat ini hampir semua panganan menggunakan keju sebagai bahan dasar atau bahan pelengkapnya. Resep baso keju sebenarnya serupa dengan resep baso pada umumnya yang berisi urat, telur, dan cabai. Namun kali ini keju menjadi primadonanya. Bagaimana sebenarnya resep baso keju yang lezat dan bisa membuat ketagihan?

Lima Jenis Cemilan Unik Untuk Bisnis

Lima Jenis Cemilan Unik Untuk Bisnis

Bagi sebagian orang, cemilan adalah pelengkap menu makan sehari-hari. Cemilan bisa dikonsumsi di sela-sela atau jeda antara sarapan, makan siang, dan makan malam. Bagi anda penderita maag kronis, tentunya waktu jeda tersebut wajib diisi oleh makanan. Tidak disarankan untuk makan besar karena akan membuat lambung anda bekerja lebih keras. Tapi jika perut anda tidak diisi, maka produksi asam lambung akan meningkat dan kondisi lambung anda semakin buruk. Cemilan adalah salah satu solusi untuk mengatasi maag kronis.

3 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

3 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

Mengganti roti tawar dengan roti gandum merupakan pilihan tepat karena gandum dapat membantu mengontrol nafsu makan. Selain itu, ada berbagai manfaat lain dari roti gandum yang bisa kamu rasakan. Simak manfaat roti gandum berikut ini.