7 Tips Kesempurnaan dalam Memasak Kue

7 Tips Kesempurnaan dalam Memasak Kue

16/10/2017

Teknik dalam memasak kue sangatlah penting. Salah satunya adalah teknik bagaimana cara menghasilkan kue yang mengembang dan tidak bantat. Nah, untuk menghindarinya ada beberapa tips cara membuat kue yang benar seperti berikut ini:

1.    Pastikan Bahan Memiliki Suhu Ruang
Sebelum memasak kue pastikan terlebih dulu semua bahan memiliki suhu ruang. Salah satu contoh bahan yang digunakan adalah telur. Telur yang dikocok dapat berkembang dengan baik jika memiliki suhu ruang. Karena jika terlalu dingin, maka telur akan sulit mengembang. Begitupun dengan bahan lainnnya seperti margarin. Sebaiknya, jangan menuang margarin yang baru saja dilelehkan langsung ke dalam adonan saat suhu masih panas. Tunggulah beberapa saat ketika suhu sudah agak menurun atau mendingin.

2.    Gunakan Wadah dan Alat Kering
Pastikan semua wadah dan alat yang akan digunakan dalam memasak kue benar-benar dalam keadaan kering, tidak ada air, minyak ataupun mentega. Sebaiknya juga, alat dan wadah yang akan digunakan memiliki suhu ruangan seperti bahan.

3.    Campurkan Bahan Perlahan 
Saat menuangkan bahan masakan kue janganlah sembarangan. Tuangkanlah bahan secara perlahan dan jika menggunakan bahan tepung sebaiknya ayaklah terlebih dulu. Setelah itu, gunakanlah spatula untuk mengaduknya kembali secara perlahan. Hal ini dilakukan agar tidak terlalu banyak proses pengadukan. Gabungkan bahan kering terlebih dulu, baru setelah itu baru tuangkanlah ke bahan yang basah. Hal ini juga berlaku pada bahan yang basah.

4.    Lelehkan Margarin dengan Api Kecil
Ketika melelehkan margarin yang digunakan untuk memasak kue, pastikan api kecil dan tidak perlu menunggu hingga meleleh semuanya. Jika margarin sudah hampir cair dan masih tersisa sebagian, segera matikan api dan pindahkan ke wadah yang agak lebar. Akan tetapi, janganlah menggunakan wadah seperti piring karena dapat membuat suhu margarin menjadi dingin.

5.    Sesuaikan Waktu Kocokan Adonan
Dalam memasak kue janganlah mengocok adonan seperti telur dan gula terlalu lama. Gunakanlah mixer dengan kecepatan rendah. Setelah itu, naikkan kecepatan mixer secara perlahan agar mengembang. Waktu lamanya mengocok juga perlu disesuaikan. Karena jika mengocok terlalu cepat, maka adonan akan menjadi tidak stabil dan cepat turun saat dipanggang. Selain itu, adonan juga akan menjadi terlalu banyak udara di dalamnya.

6.    Atur Temperatur Oven
Sebelum memasukkan adonan ke dalam oven, sebaiknya panaskan terlebih dulu. Tujuannya adalah agar adonan dapat langsung mengembang saat di masukkan ke dalam oven. Akan tetapi, jangan juga sampai suhu oven terlalu panas karena adonan bisa dapat cepat menjadi gosong. Perlu juga diingat, ketika memasak kue janganlah membuka tutup oven karena dapat membuat kue menjadi turun.

7.    Tambahkan Bahan Pengembang
Biasanya, di setiap resep memasak kue terdapat bahan yang dapat membuat kue mengembang dan menjadi empuk. Untuk bahan pengembang yang biasanya digunakan, antara lain seperti baking powder, soda kue dan cake emulsifier.

Untuk Prochizlovers yang sedang mencari inspirasi kue apa yang ingin dicoba dibuat, ada disini ya https://www.dapurkejuprochiz.com/resep/prochiz !

TIPS TERKAIT

Menu Makan Malam untuk Keluarga yang Unik dan Lezat

Menu Makan Malam untuk Keluarga yang Unik dan Lezat

Makan malam untuk keluarga merupakan waktu yang sakral dan tidak boleh dilewatkan. Berkumpul dan bersantai sembari menikmati hidangan lezat dengan keluarga punya manfaat merekatkan hubungan dan melepas penat.

Resep Cheesy Beef Rice Bowl, Hidangan Lezat untuk Kapan Saja

Resep Cheesy Beef Rice Bowl, Hidangan Lezat untuk Kapan Saja

Rice Bowl berasal dari negeri Sakura. Di negara asalnya, makanan hidangan utama ini disebut donburi yang berarti mangkuk bulat. Pada umumnya, rice bowl berisikan nasi yang didampingi ikan, sayuran, daging, dan bahan-bahan lainnya.

Tips Menu Sahur Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa

Tips Menu Sahur Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa

Memilih menu sahur tidak boleh sembarangan. Sahur merupakan hidangan terakhir sebelum seseorang menjalani ibadah puasa yang berlangsung selama kurang lebih 15 jam dan apabila menu sahur yang disantap tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa, maka seseorang akan merasa lemas di tengah puasanya.

Gula Aren atau Brown Sugar, Inilah Perbedaannya!

Gula Aren atau Brown Sugar, Inilah Perbedaannya!

Tahukah kamu bahwa gula aren berbeda dengan brown sugar? Meskipun tampak serupa, kedua bahan masakan ini memiliki perbedaan mulai dari segi fungsi hingga cita rasa. Keduanya merupakan pemanis pengganti gula pasir untuk membuat kue, minuman, saus, dan masakan lainya.