5 Fungsi Microwave yang Harus Kamu Ketahui!

5 Fungsi Microwave yang Harus Kamu Ketahui!

25/09/2019

Selain kulkas dan kompor, microwave merupakan satu peralatan dapur yang harus ada di rumah Prochiz Lovers. Bagaimana tidak, microwave sangat memudahkan dalam aktivitas masak-memasak dan mempersiapkan makanan. Apa saja fungsinya? Mari kita simak.

Memanaskan makanan yang beku
Biasanya, setelah mengeluarkan makanan dari kulkas, kita perlu membiarkannya di luar selama beberapa saat agar mencair. Padahal, hal seperti ini bisa membuat kuman-kuman di udara menempel di makanan, lho. Dengan microwave, Prochiz Lovers tidak perlu menunggu lama. Makanan yang masih beku bisa langsung dicairkan dan bahkan dipanaskan dengan bantuan microwave dalam hitungan menit! Fungsi memanaskan pada microwave ini tidak hanya terbatas pada makanan saja lho, namun juga pada minuman. Ingin kopi panas? Cukup masukkan secangkir kopi pada microwave selama 30 detik. Sangat praktis, bukan?

Menjaga tekstur makanan
Tanpa microwave, biasanya cara menghangatkan makanan kembali adalah dengan dikukus, direbus, atau digoreng kembali. Nah, metode-metode ini bisa merusak tekstur makanan dan membuatnya kurang sedap lho, Prochiz Lovers. Misalnya dengan mengukus, tekstur makanan bisa jadi sangat basah atau berair karena uap, atau jika digoreng kembali, bisa terlalu gosong dan matang hingga alot. Dengan microwave, tekstur makanan bisa tetap dijaga karena menggunakan panas murni dari segala arah.

Mengukus makanan
Oke, bagaimana kalau memang ingin mengukus saja? Tentunya bisa, dong! Banyaknya fungsi microwave juga memungkinkan Prochiz Lovers untuk mencoba berbagai teknik memasak dalam satu alat. Untuk mengukus, gunakan microwave steamer, ya. Sisanya sama seperti mengukus biasa, yaitu isi bagian bawah wadahnya dengan air dan letakkan makanan di atasnya.

Mengembangkan adonan
Eits, tidak hanya soal panas-panasan makanan, fungsi microwave juga bisa untuk mengembangkan adonan makanan! Caranya sangat mudah. Pertama, masukkan segelas air ke dalam microwave. Panaskan hingga menguap, matikan microwave, lalu masukkan adonan tersebut. Uapnya akan membuat adonan roti menjadi mengembang.

Membersihkan talenan
Siapa sangka fungsi microwave tidak terbatas di masak-memasak? Microwave juga bisa membantu membersihkan talenan, Prochiz Lovers! Setelah memotong daging, terkadang emak-lemak yang tertinggal pada talenan sulit dibersihkan, bukan? Nah, Prochiz Lovers cukup mencuci talenannya seperti biasa, lalu masukkan talenan tersebut ke dalam microwave selama beberapa detik. Keluarkan dan kemudian bilas. Talenan akan lebih bersih dan kembali steril!

Nah, itulah beberapa fungsi microwave yang jadi alasan mengapa alat satu ini wajib dimiliki setiap rumah tangga. Fungsi microwave mana yang sering kamu gunakan? Temukan inspirasi dan tips memasak lebih banyak lagi hanya di dapurkejuprochiz.com. Selamat berkreasi!
 

TIPS TERKAIT

Resep Pisang Bolen Keju Cokelat

Resep Pisang Bolen Keju Cokelat

Pisang bolen dan pisang molen merupakan dua hal yang berbeda. Kedua makanan tersebut memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok adalah bentuknya. Pisang bolen berbentuk persegi sedangkan molen berbentuk seperti mobil molen, agak lonjong.

3 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

3 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

Mengganti roti tawar dengan roti gandum merupakan pilihan tepat karena gandum dapat membantu mengontrol nafsu makan. Selain itu, ada berbagai manfaat lain dari roti gandum yang bisa kamu rasakan. Simak manfaat roti gandum berikut ini.

Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang bombay

Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang bombay

Bawang bombay adalan jenis bawang yang paling mudah ditemukan dan dibudidayakan secara luas. Jenis bawang ini banyak dimanfaat sebagai bumbu dapur dan bahan masakan. Ciri khas bawang bombay adalah berbentuk bulat dan besar serta dagingnya yang tebal.

Tiga Langkah Membuat Resep Pastel Renyah

Tiga Langkah Membuat Resep Pastel Renyah

Pastel adalah salah satu kue jajanan pasar favorit semua orang. Mungkin karena resep pastel pada dasarnya gurih, makanan ini selalu cepat habis dibandingkan jajanan pasar lainnya. Dalam budaya Indonesia, pastel dan kue jajanan pasar lainnya seringkali dijadikan hidangan dalam acara tertentu seperti arisan, syukuran, tahlilan, rapat, dan lain lain.