3 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

3 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

17/04/2019

Prochiz Lovers, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya roti tawar. Selain varian roti tawar, ada pula roti gandum yang memiliki ciri khas berwarna kecokelatan. Jenis roti yang terbuat dari tepung gandum ini memiliki serat kompleks yang lebih tinggi sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalankan diet.

Mengganti roti tawar dengan roti gandum merupakan pilihan tepat karena gandum dapat membantu mengontrol nafsu makan. Selain itu, ada berbagai manfaat lain dari roti gandum yang bisa kamu rasakan. Simak manfaat roti gandum berikut ini.

1. Memperbaiki dan menjaga kesehatan sistem pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada roti gandum dapat menjaga kesehatan pencernaan, dan menjaga usus agar terbebas dari kotoran dan juga racun. Jika kamu rutin mengonsumsi roti gandum, akan membuatmu terhindar dari berbagai macam penyakit pencernaan, salah satunya adalah dapat mencegah sembelit. Biasakan mengonsumsi jenis roti ini apabila kamu mengalami permasalahan pencernaan.

2. Menurunkan resiko kanker
Hasil penelitian dalam Journal of Nutrition pada Mei 2011 juga menjelaskan jika senyawa alami dari tumbuhan gandum termasuk roti dapat membantu menurunkan risiko berbagai jenis penyakit kanker termasuk kanker payudara dan usus besar.

3. Membantu menurunkan berat badan
Mengonsumsi roti gandum sebagai hidangan sarapan dan makan siang dapat membuat perut kamu terasa penuh dan menekan nafsu makan. Hal ini dikarenakan roti gandum tinggi akan serat yaitu sekitar 3 gram dibandingkan dengan roti tawar biasa yang hanya mengandung 0,5 gram serat saja.

Menurut Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2003, perempuan yang mengonsumsi roti gandum memiliki risiko 49% lebih rendah untuk mengalami kenaikan berat badan, dibandingkan dengan yang hanya mengonsumsi roti tawar putih.

Bukan hanya itu, manfaat roti gandum jika dikonsumsi secara teratur juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, obesitas, beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Untuk mengimbangi nutrisi yang ada pada roti gandum, kamu bisa menyajikannya bersama dengan sebutir telur dan sayuran dibandingkan dengan menggunakan mentega atau selai manis yang banyak mengandung kalori dan lemak.
 

TIPS TERKAIT

Bikin Sosis Bakar Sendiri di Rumah, Yuk!

Bikin Sosis Bakar Sendiri di Rumah, Yuk!

Sosis yang biasa digunakan oleh pedagang sosis bakar ialah sosis Bratwurst. Jenis sosis yang satu ini awalnya berasal dari Jerman. Bratwurst sangat digemari karena terbuat dari full daging giling segar dengan bumbu rempah-rempah yang membuatnya semakin lezat. Jika ingin membuat sosis bakar di rumah dengan praktis, Anda bisa saja membeli sosis Bratwurst dalam kemasan yang saat ini sudah banyak tersedia di toko swalayan.

Aneka Kue Kering Lebaran untuk Menyambut Hari Raya

Aneka Kue Kering Lebaran untuk Menyambut Hari Raya

Tidak lama lagi kita akan menyambut Hari Kemenangan dan berakhirnya perjuangan berpuasa selama hampir satu bulan penuh. Dari beberapa minggu sebelum hari raya Idul Fitri tiba, persiapkan dahulu berbagai kebutuhan hari raya seperti kue kering lebaran guna menyambut para tamu dan kerabat jauh yang berkunjung ke rumah.

5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal jeruk nipis? Buah yang termasuk ke dalam keluarga jeruk kecil ini sering kali dimanfaatkan untuk berbagai tujuan seperti memasak. Namun, selain untuk memasak, ada manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui, lho. Jeruk nipis tidak hanya sekadar memperkuat rasa dan menghilangkan bau amis, juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia.

6 Camilan Tengah Malam yang Tidak Bikin Gemuk!

6 Camilan Tengah Malam yang Tidak Bikin Gemuk!

Rasa lapar dapat menyerang kapan saja, tanpa diduga. Meski pun sudah menyantap hidangan makan malam, tidak jarang perut memohon untuk camilan tengah malam saat Anda sedang mengerjakan pekerjaan lembur. Satu hal yang pasti tentang makan di tengah malam adalah peningkatan berat badan. Akan tetapi, untuk bisa turun berat badan Anda harus mengalami deficit kalori.